Minggu, 27 November 2016

PERANG SEMESTA: DALAM KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA

Penulis : Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo, Kol.Inf. Joko Putranto, Heri Budianto, Didik Haryadi Santoso, Agung Prabowo, Setio Budi Hendro Hutomo, Fajar Junaedi, Edwi Arief Sosiawan, dan Iswandi Syahputra


Editor : Iswandi Syahputra 


Apakah Indonesia dalam keadaan damai? Jawabannya akan sangat bergantung pada bagaimana kita memahami konsep dan lingkup perang. Jika kita memahami perang dalam pengertian klasik dan konvensional, tentu saat ini Indonesia dalam keadaan tidak sedang berperang. Namun, jika kita memahami perang dalam pengertian yang luas dan baru, sesungguhnya Indonesia saat ini dalam kecamuk perang. Suatu perang baru dalam kontinum pengertian yang sangat luas sebagai perang semesta, perang modern, proxy war, atau perang asimetris. Perang tanpa mengerahkan pasukan bersenjata.

Perang dalam pengertian yang paling luas itulah yang hendak dibongkar dan disajikan kepada khalayak pembaca. Perang akan dibahas mulai dari pengertian yang paling umum sebagai sebuah pertempuran. Dalam perspektif ini, pembaca akan diajak memahami berbagai pengertian perang dan jenis peperangan dari generasi ke generasi. Pada bagian ini, penulis berasal dari kalangan perwira militer profesional dan purnawirawan yang memiliki visi baru tentang konsep peperangan.

Dalam konteks yang baru saat ini, perang tidak lagi menjadi kata kerja, tetapi berubah menjadi kata sifat. Dalam pengertian perang kontemporer, pembaca akan diajak bertamasya ke berbagai dimensi peperangan dalam kuasa media dan budaya. Suatu peperangan yang terasa menyenangkan, padahal berdampak sangat ‘mematikan’. Pada bagian ini, penulis berasal dari kalangan akademisi dalam studi ilmu komunikasi serta kajian budaya dan media. Pada akhirnya, buku ini akan mengingatkan kita bahwa Indonesia under attack!


Info lengkap buku bisa dilihat di http://simbiosarekatama.co.id/index.php?route=product/product&path=19&product_id=205

Informasi/Pemesanan hubungi : 
Pemasaran Simbiosa Rekatama Media : 022 5208370, 0877 1755 0039
 

METODE PENELITIAN KOMUNIKASI (EDISI REVISI)

Dr. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc. & Dr. Idi Subandy Ibrahim, M.Si.
ISBN : 978-602-7973-43-5
Cetakan : Cetakan Pertama-Keenam Belas dan Edisi Revisi Pertama, 1984-2014 oleh PT Remaja Rosdakarya; Cetakan Pertama Edisi Revisi Kedua, November 2016
Jumlah Halaman : xxiv + 328
Kertas :Book Paper
Cover / Isi : Art Carton 210 Gram FC/BW
Harga : 100.000

Perhatian pada penelitian ilmu komunikasi bukanlah monopoli ilmuwan. Pihak legislatif dan eksekutif perlu meyakini tingkat efek komunikasi massa untuk menyusun undang-undang atau menetapkan kebijakan. Para pendidik mencari kemungkinan penggunaan media komunikasi untuk tujuan-tujuan instruksional. Pemasang iklan ingin mengetahui efektivitas iklan yang dipasangnya. Media massa pers, penyiaran, dan media siber ingin mengetahui pengaruh yang ditimbulkannya. Para mubalig, para pendeta, dan badan-badan yang bergerak untuk memengaruhi masyarakat berminat untuk meneliti pengaruh dan hasil kegiatan komunikasi mereka. Terakhir, paling tidak setiap mahasiswa yang mendalami gejala komunikasi—apa saja bidang ilmunya—memerlukan kemampuan melihat komunikasi secara empiris. 

Penelitian-penelitian yang ada di Indonesia pada era 80-an hanya menghasilkan organisasi dan deskripsi. Tidak ada karya ilmiah yang memberikan penjelasan mengapa sesuatu terjadi, atau meramalkan apa yang akan terjadi, apalagi memberikan solusi untuk mengatasi masalah komunikasi yang sudah terjadi. Dengan keinginan untuk menggalakkan penelitian yang dapat digunakan untuk meramalkan dan memecahkan masalah, penulis pertama membuat buku Metode Penelitian Komunikasi pada 1984. Buku ini telah dicetak ulang belasan kali karena mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat akademis dan masyarakat umum.
    
Buku Metode Penelitian Komunikasi Edisi Revisi ini merupakan revisi kedua sejak pertama kali diterbitkan. Sesuai dengan perkembangan metode penelitian komunikasi kontemporer, penulis kedua menambahkan model-model penelitian komunikasi yang baru. Penulis menambahkan dua bab baru, yang membahas tradisi, paradigma, dan pendekatan dalam penelitian, serta mengulas tentang analisis dan penafsiran data disertai contoh yang bisa langsung Anda terapkan dalam penelitian, apalagi bila Anda adalah peneliti muda. Pada edisi revisi ini ditambahkan juga contoh-contoh proposal penelitian komunikasi yang mutakhir. 


Informasi/Pemesanan hubungi : 
Pemasaran Simbiosa Rekatama Media : 022 5208370, 0877 1755 0039

 

HUKUM DAN ETIKA MEDIA MASSA : Panduan Pers, Penyiaran, dan Media Siber

Drs. AS. Haris Sumadiria, M.Si

Penerbit Simbiosa Rekatama Media
Cet I , 2016
296 Halaman
HVS 70 gram
Harga Rp. 80.000
Info dan Pemesanan 089643965153

Buku HUKUM DAN ETIKA MEDIA MASSA ini terdiri atas tiga bagian besar. Pertama mengupas ruang lingkup hukum secara umum, sebagai pintu masuk ke arah bahasan hukum dan etika media massa. Kedua, membedah secara terperinci hukum media massa yang meliputi hukum pers dan penyiaran. Ketiga, mengungkap sisi terdalam dan tersembunyi berbagai persoalan etika dan kode etik media massa.

Buku ini berupaya untuk memperkaya khazanah pengetahuan dan pemahaman para mahasiswa, jurnalis atau wartawan, rujukan bagi para dosen dan kalangan akademisi serta intelektual lainnya, sekaligus menjadi panduan utama para insan pers dan penyiaran dalam menyelami dunia hukum dan etika media massa di Indonesia. Karena itulah, semua topik dan bahasan yang terdapat dalam buku ini, diracik mengikuti kaidah dan gaya akademis sekaligus kaidah dan gaya praktis. Penulis berupaya sebisa mungkin, menjadikan buku ini nikmat menyenangkan untuk dibaca dan layak dijadikan rujukan bagi siapa pun.

Target yang ingin dicapai, siapa pun yang membaca buku ini, pada akhirnya bisa memetakan dengan piawai berbagai sendi dan aspek hukum dan etika media massa di Indonesia. Agar kelak, esok, dan lusa tidak ada lagi wartawan yang dihilangkan kemerdekaan profesinya, dicederai dan disiksa fisiknya, bahkan dirampas nyawanya. Juga agar esok, lusa, dan kelak media massa tumbuh bersemi menjadi penyemai dan pengawal demokrasi sepanjang masa.

#HukumMediaMassa #EtikaMediaMassa #HukumEtikaMediaMassa #BukuKomunikasi #BukuJurnalistik #IlmuKomunikasi #BukuSimbiosa

KOMUNIKAS LINTAS BUDAYA: Memahami Teks Komunikasi, Media, Agama dan Kebudayaan Indonesia

Dr. Dedi Kurnia Syah P., M.Ikom

Cetakan I, 2016
ISBN : 978-602-7973-40-4
16 x 24 cm, 156 Halaman
Isi : Bookpaper 55 gram, B/W ; 

Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Rp 48.000



Buku ini menawarkan sudut padang berbeda mengenai budaya. Koridor komunikasi begitu dominan, multiperspektif, dan mengarus zaman.

Komunikasi menjadi kajian yang lebih filosofis, tidak sekedar mengurai prosesi interaksi antarmanusia kembudayaan secara transaksional. Kontekstualitas tersebut terbaca dari beberapa bab yang juga menafsirkan budaya sebagai produk dari transaksi komunikasi, yang berlangsung secara terus menerus, melalui konflik dan negosiasi antartradisi yang berbeda.

Kajian penting dalam buku ini, diantaranya mengenal keragaman budaya, budaya komunitarianisme, interpretasi kebudayaan dan budaya media.

Buku ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa ilmu komunikasi, antropologi, dan sosiologi, serta Anda yang berminat terhadap kajian komunikasi dan budaya.

#KomunikasiLintasBudaya #KomunikasiAntarBudaya #BukuKomunikasi #IlmuKomunikasi #BudayaKomunikasi #KomunikasiBudaya #KomunikasiAntropologi #BukuSimbiosa #SimbiosaRekatamaMedia #PenerbitSimbiosa

KOMUNIKASI POLITIK : Teori, Konsep, dan Aplikasi pada Era Media Baru

Dr. Umaimah Wahid, M.Si.
Penerbit Simbiosa Rekatama Media
Cet I , September 2016 , 296 Halaman,
Bookpaper 55 gram
Harga Rp. 88.000
Info dan Pemesanan 089643965153

Buku KOMUNIKASI POLITIK ini menjabarkan teori dan konsep komunikasi politik yang mencakup tema-tema dasar sampai terbaru yang berkaitan dengan perkembangan komunikasi politik, seperti komunikator politik, pesan politik, saluran dan media komunikasi politik, khalayak komunikasi politik, efek komunikasi politik, kampanye politik, pemasaran dan iklan politik, serta penelitian komunikasi politik.

Kajian dalam buku ini juga dikaitkan dengan perkembangan internet dan pemanfaatan media baru serta media sosial dalam proses politik. Bagaimana pun proses komunikasi politik semakin ‘gegap gempita’ dengan adanya media baru.

Buku ini akan bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen Ilmu Komunikasi serta Ilmu Sosial dan Politik, Pemerhati komunikasi dan politik, serta siapa saja yang berminat dengan ilmu komunikasi politik.

#Komunikasi #Ilmu Komunikasi #BukuKomunikasi #KomunikasiPolitik #BukuKomunikasiPolitik # TeoriKomunikasi #KonsepKomunikasi #TeoriKomunikasiPolitik #PesanPolitik #MediaKomunikasi #BukuSimbiosa #PenerbitSimbiosa #SimbiosaRekatamaMedia


Yang Laju dan Yang Layu: Membumikan Agama dalam Krisis Ruang Publik

Yudi Latif

Cetakan I, 2016
ISBN : 978-602-7973-38-1
15 x 21 cm, 284 Halaman
Isi : Bookpaper 55 gram, B/W ; 

Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding




Info lengkap buku bisa dibuka di