Kamis, 01 Maret 2018

PRINSIP-PRINSIP PERJANJIAN

Penulis :
Prof. Dr. Jaih Mubarok, S.E., M.H.,M.Ag. dan Dr. Hasanudin, M.Ag.
Cetakan I, 2017
336 Halaman
ISBN : 978-602-7973-52-7
Harga Rp. 93.000

Buku PRINSIP-PRINSIP PERJANJIAN ini merupakan Buku Kedua dari Paket Buku FIKIH MU'AMALAH MALIYYAH

Sistem bisnis dan keuangan syariah tumbuh serta berkembang di berbagai negara, baik di kawasan yang mayoritas penduduknya muslim maupun yang penduduk muslimnya minoritas. Sekarang ini, sistem ekonomi dan keuangan syariah tidak hanya dianggap sebagai bagian dari ajaran Islam, tetapi lebih dari itu, pandangan serta sikap hidup halal (antara lain dengan tidak melakukan transaksi yang dilarang) diyakini akan berdampak pada terbentuknya kesejahteraan.

 Salah satu kegiatan fikih mu'amalah maliyyah adalah akad (perjanjian). Janji dan perjanjian merupakan dua istilah teknis yang menarik untuk didiskusikan karena berakar pada kata yang sama (janji), tetapi dipahami secara hukum dengan pemaknaan yang berbeda, terutama yang berkaitan dengan sifat pengikatannya.

Secara garis besar, topik utama yang akan dibahas dalam buku Prinsip-Prinsip Perjanjian,  antara lain janji dan saling berjanji dalam syariah;  perjanjian syariah dalam dimensi penerapannya; riba Al-Quran dan riba jahiliyah; riba sunah dan riba nasi'ah; riba qardh; hilah syar'i dan hilah ribawi; riba, sanksi (ta'zir) dan ganti rugi (ta'widh); riba dan fatwa tentang bunga uang; gharar; gharar dan pengaruhnya terhadap akad; maisir dan qimar; dharar dalam nash dan menurut fuqaha; serta perbuatan yang dilarang karena dharar.

Buku FIKIH MU'AMALAH lainnya : 

1. AKAD JUAL BELI
2. AKAD SYIRKAH DAN MUDHARABAH 
3. AKAD IJARAH DAN JU'ALAH 
4. AKAD TABARRU' 

*) Harga sewaktu-waktu bisa berubah

Informasi/Pemesanan hubungi :



Pemasaran Simbiosa Rekatama Media : 022 5208370, 0877 1755 0039

Tidak ada komentar: