Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag.
Gerakan
dakwah tidak dapat dipisahkan dari ragam fenomena dan dinamika yang
berkembang di masyarakat serta karakteristik dan struktur sosialnya.
Sasaran utama gerakan dakwah adalah manusia, baik dalam kedudukannya
sebagai individu maupun sebagai komunitas sosial (masyarakat).
Saat
ini, gerakan dakwah yang berkembang belum mampu secara optimal
membangkitkan dan menumbuhkan minat masyarakat untuk mengkaji, berpikir
kritis, serta mengembangkan kreativitas. Bahkan, dalam melihat berbagai
ketertinggalan di kalangan umat Islam, para pelaku dakwah terkadang
hanya mampu menyalahkan, mengambinghitamkan, mengecam, serta menyerapahi
tanpa melakukan aksi berarti untuk mendorong masyarakat sehingga mau
dan mampu mengubah keadaannya sendiri.
Sosiologi dakwah
mengantarkan pada pemahaman mengenai fakta-fakta masyarakat manusia,
ragam strata yang terdapat pada masyarakat manusia dalam berbagai segi
yang sangat penting bagi akurasi pemetaan dan pengolahan sasaran dakwah.
Buku ini memaparkan pengertian sosiologi dakwah, sosiologi dan
problematika dakwah, perkembangan sosiologi dakwah, pemikiran sosiolog
muslim mengenai perkembangan sosiologi dakwah, individu dan masyarakat
dalam perspektif sosiologi dakwah, karakteristik masyarakat dakwah,
tipologi masyarakat dakwah, kajian ragam organisasi dakwah, teori
perubahan sosial: perbandingan Islam dan Barat, serta perubahan sosial
dalam kerangka dakwah.
Buku ini penting bagi mahasiswa fakultas
dakwah dan komunikasi, akademisi, praktisi dakwah, serta pihak-pihak
yang menggeluti dan tertarik terhadap dakwah.
#SosiologiDakwah #Sosiologi #Dakwah #FakultasDakwah #AhmadSarbini #BukuDakwah #BukuSimbiosa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar