Seiring
dengan perkembangan penelitian dan kajian dalam ilmu komunikasi,
penafsiran dan kajian kritis dalam bidang jurnalisme pun semakin
berkembang. Kualitatif menjadi salah satu pendekatan dalam melakukan
penelitian jurnalisme. Selama ini, referensi yang digunakan terkait
penelitian kualitatif di bidang jurnalisme cenderung pada referensi yang
membahas tentang penelitian ilmu komunikasi atau penelitian komunikasi
massa. Meski dua bidang tersebut memiliki kedekatan histores-teoretis,
belakangan mulai disadari bahwa jurnalisme menempati klaster keilmuan
yang juga memiliki perbedaan
Pendekatan kualitatif dalam penelitian jurnalisme, beragam teknik analisis data, penelitian teks dan konteks media, institusi media, manajemen dan ekonomi media, serta teori khalayak dibahas dengan bahasa sederhana dan ringkas dalam buku ini. Semua kategori penelitian diberikan pengantar teori sehingga pembaca menjadi lebih memahami aspek-aspek dari penelitian yang akan dilakukan.
Buku METODE PENELITIAN JURNALISME ini hadir sebagai salah satu referensi bagi mahasiswa di berbagai jenjang untuk melakukan penelitian kualitatif di bidang ilmu jurnalisme. Buku ini pun dapat menjadi buku referensi bagi akademisi, peneliti, ataupun praktisi dan siapa saja yang tertarik untuk melakukan penelitian kualitatif tidak hanya bidang jurnalisme, tetapi juga untuk bidang ilmu komunikasi, kajian media dan budaya, penyiaran dan pertelevisian, periklanan, kehumasan, sosial-politik, dan psikologi khalayak.
Pendekatan kualitatif dalam penelitian jurnalisme, beragam teknik analisis data, penelitian teks dan konteks media, institusi media, manajemen dan ekonomi media, serta teori khalayak dibahas dengan bahasa sederhana dan ringkas dalam buku ini. Semua kategori penelitian diberikan pengantar teori sehingga pembaca menjadi lebih memahami aspek-aspek dari penelitian yang akan dilakukan.
Buku METODE PENELITIAN JURNALISME ini hadir sebagai salah satu referensi bagi mahasiswa di berbagai jenjang untuk melakukan penelitian kualitatif di bidang ilmu jurnalisme. Buku ini pun dapat menjadi buku referensi bagi akademisi, peneliti, ataupun praktisi dan siapa saja yang tertarik untuk melakukan penelitian kualitatif tidak hanya bidang jurnalisme, tetapi juga untuk bidang ilmu komunikasi, kajian media dan budaya, penyiaran dan pertelevisian, periklanan, kehumasan, sosial-politik, dan psikologi khalayak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar