Rabu, 02 November 2011

PSIKOLOGI SEBAGAI AKAR ILMU KOMUNIKASI

Penulis
:
Prof. Dr. Nina W. Syam, M.S.
Cetakan I
:
November 2011
ISBN
:
978-979-3782-77-5
Ukuran
:
18,8 x 24 cm
Halaman
:
192halaman
Kertas
:
Isi  HVS 70 gr, Cover AC 210 gr
Warna
:
Isi BW, Cover FC




PSIKOLOGI SEBAGAI AKAR ILMU KOMUNIKASI merupakan buku kedua dari 8 (delapan) judul Seri Pohon Komunikasi, sekaligus sebagai salah satu landasan ilmiah komunikasi dari 8 (delapan) landasan yang akan disajikan (Filsafat, Psikologi, Psikologi Sosial, Sosiologi, Antropologi, Biologi, Fisika dan Matematika)

Psikologi dipilih sebagai akar ilmu sekaligus landasan ilmiah komunikasi kedua karena psikologi merupakan ilmu yang mengkaji peristiwa mental dan behavioral manusia, yang dalam tatanan komunikasi, dikenal dengan komunikasi intrapersonal (komunikasi dalam diri). Ilmu psikologi dikaji untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi yang terjadi dalam diri manusia yang tidak dapat dilihat oleh orang lain (kasat mata).

Komunikasi Intrapersonal adalah bentuk komunikasi dasar yang terjadi pada diri manusia. Karenanya, ini memerlukan kajian yang sangat komprehensif, disesuaikan dengan aliran psikologi –psikoanalisis, psikokognitif, behaviorisme, humanistic, dan transpersonal (personal))- yang sudah berkembang hingga saat ini. Buku ini mengkaji aliran-aliran tersebut dengan singkat, padat, dan jelas. Diakhiri dengan psikologi dalam perspektif agama (Islam).

Buku ini merupakan buah pemikiran penulis selama bertahun-tahun member kuliah dalam bidang  ilmu komunikasi di Universitas Padjadjaran, khususnya mata kulian Landasan Ilmiah Komunikasi untuk program S2 dan S3, yang baru dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Ini menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga bagi penulis untuk terus mengeksplorasi ilmu agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Semangat itu pula yang ingin penulis tularkan kepada pembaca, terutama mahasiswa ilmu komunikasi, dengan terus mengkaji secara holistic (tidak parsial) untuk menumbuhkan pola piker yang filsafatis dan agamais.


Buku karya Prof. Dr. Nina W. Syam, M.S lainnya:

Tidak ada komentar: