Minggu, 26 Desember 2010

KOMUNIKASI HUMORIS, Belajar Komunikasi Lewat Cerita dan Humor

Penulis :
Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D.


Humor tidak hanya mengobati stress, tetapi juga mengatasi rasa sakit, menyembuhkan penyakit, dan membantu pemulihan kesehatan. Bahkan saya  dapat mengatakan untuk sukses dalam meniti karier dan mengejar cita-cita, kita harus memiliki rasa senang, dan rasa senang itu antara lain dapat kita peroleh melalui humor. Maka buku ini saya susun untuk memberikan rasa senang saat kita mempelajari komunikasi dan meningkatkan keterampilan tersebut, baik untuk tujuan akademis maupun untuk memperluas pergaulan. (Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D.)

Dalam buku ini  Deddy Mulyana menyajikan cerita dan humor ke dalam beberapa kategori komunikasi, yaitu:

  1. Komunikasi Antaretnik, tersaji 82 cerita dan humor
  2. Komunikasi Antarpribadi dan Komunikasi Pendidikan, tersaji 58 cerita dan humor
  3. Komunikasi Antarras dan Komunikasi Pariwisata,  65 cerita dan humor
  4. Komunikasi Organisasi dan Komunikasi Bisnis , tersaji 50 cerita dan humor
  5. Komunikasi Kesehatan, tersaji 16 cerita dan humor
Total cerita dan humor yang tersaji dalam buku ini sebanyak 271. Sebelum menyajikan cerita dan humor,  untuk menambah bobot ilmiah buku ini, Prof. Deddy memberikan wawasan dan pemahaman terlebih dahulu tentang apa itu Komunikasi Antaretnik, Komunikasi Antarras dan seterusnya.

Pembaca dijamin mesem-mesem, tersenyum atau yang terbiasa tertawa meledak kemungkinan akan ngakak. Pembaca akan menjadi orang yang disukai orang karena pandai menyajikan humor menyenangkan dihadapan keluarga atau teman-teman jika menceritakan kembali humor-humor dari buku ini. Jika masih belum percaya coba simak pernyataan mereka yang sudah membaca buku ini.

“Prof. Deddy Mulyana memang “gila”. Ia tidak saja piawai menulis buku Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar dan Metodologi Penelitian Kualitatif yang bermutu dan Best Seller, namun juga mampu meramu buku yang kocak dan mencerahkan ini.” (Dr. M. Iqbal Sultan, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unhas, Makassar)

“Ternyata berkomunikasi itu tidak gampang. Lewat cerita-cerita lucu, jenaka, dan konyol, Prof Deddy menunjukkan kesulitan komunikasi tersebut. Namun Prof. Deddy mengemas semua itu dengan cara menarik, sederhana dan mudah dicerna. (Dr. Rini Sudarmanti, Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina, Jakarta)

“Dalam buku ini Prof. Deddy mengumpulkan dan memilah kisah-kisah jenaka yang dapat Anda gunakan sebagai ilustrasi tulisan atau pembicaraan yang menarik. Jangan ragu menggunakan humor untuk membuka atau menutup suatu presentasi atau tulisan. Pastikan pendengar atau pembaca menemukan letak humornya.” (Dr. Yusuf Hamdan, Dekan Fikom dan Dosen Program Pascasarjana Fikom Unisba)

“Prof. Deddy dikenal sebagai guru besar yang memberikan kuliah berbobot ilmiah yang kerap memunculkan humor-humor segar tanpa mengurangi bobot ilmiah kuliahnya tersebut. Buku ini mencerminkan sisi kepribadiannya yang humoris. Anda bukan mahasisa atau dosen ilmu komunikasi yang “gaul” jika Anda belum membaca buku ini.” (Dr. Udung Noor Rosyad, Dosen dan Wartawan Senior)

Informasi/Pemesanan hubungi : 
Pemasaran Simbiosa Rekatama Media : 022 5208370, 0877 1755 0039

Tidak ada komentar: