Minggu, 03 April 2011

KOMUNIKASI MASSA SUATU PENGANTAR

Penulis:
DR. Elvinaro Ardianato, M.Si
Dra. Lukiati Komala, M.Si
Dra. Siti Karlinah, M.Si

Komunikasi Massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. Dari definisi tersebut dapat diketahui bahwa komunikasi massa itu harus menggunakan media massa.

Komunikasi Massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat industri (Gerbner dalam Rakhmat, 2003:188)

Buku ini mencoba mengupas tentang komunikasi melalui media massa di tengah banjir informasi yang melanda individu dan masyarakat. Dalam era kompetisi, era komunikasi, era globalisasi, luberan informasi menjadi suatu hal yang tidak dapat dibendung lagi. Individu dan masyarakat tidak bisa lagi menghindari gencarnya pesan-pesan komunikasi massa, yang dahulu lebih bersifat linear dan satu arah, tetapi kini lebih bersifat interaktif.

Buku  ini membahas segala aspek yang berkaitan dengan komunikasi massa. Mulai dari pengertian, karakteristik, peranan, fungsi, proses, komponen, efek,  model, hambatan, sistem, riset, sampai etika komunikasi massa, dan tambahan bab baaru tentang literasi media. Buku ini akan bermanfaat bagi para mahasiswa ilmu komunikasi, akademisi dan praktisi ilmu komunikasi, agen komunikasi, pelaku bisnis komunikasi dan komunikasi bisnis, serta Anda yang berminat pada ilmu komunikasi

Tidak ada komentar: