Kamis, 08 Desember 2011

COMMUNICATION MEASUREMENT, Konsep dan Aplikasi Pengukuran Kinerja Public Relations

Penulis
:
Dodi M. Gozali
Cetakan I
:
Juni 2005
ISBN
:
979-3782-13-7
Ukuran
:
16 x 24 cm
Halaman
:
X + 160 (170 halaman)
Kertas
:
Isi HVS 70gr, Cover AC 210 gr
Warna
:
Isi BW, Cover FC

Fungsi Public Relations (PR) dewasa ini dipandang semakin penting dalam rangka menunjang keberhasilan bisnis perusahaan-perusahaan modern. Bahkan, di pelbagai korporasi besar, fungsi public relations atau komunikasi perusahaan umumnya diletakkan pada level strategis dalam struktur organisasi sejajar dengan fungsi-fungsi lain seperti marketing, keuangan atau SDM.

Namun demikian, dalam praktiknya peran PR sering tidak bisa berjalan optimal. Ironisnya, hal itu terjadi sebagian justru karena kelemahan di sisi pengelola PR sendiri yang tidak mampu mendemonstrasikan nilai kontribusi PR bagi bisnis perusahaan. Keraguan pimpinan perusahaan dalam mendukung program-program PR selalu saja muncul karena mereka tidak tahu secara jelas sasaran-sasaran apa yang ingin dicapai serta bagaimana mengukurnya untuk membuktikan bahwa program-program yang diajukan berhasil atau tidak.

Tidak sedikit praktik PR di tanah air yang hanya berpijak pada akal sehat (common sense), dalam arti tidak memperhitungkan sama sekali ukuran-ukuran rasional yang bisa dipahami bersama. Implikasinya, sekalipun dianggap penting atau strategis, dukungan nyata, misalnya alokasi anggaran yang mencukupi atau penyediaan sarana penunjang, kerap tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada. Hal itu tentunya kurang menguntungkan bagi upaya pengembangan fungsi dan peran PR bagi perusahaan.

Buku ini berusaha menguraikan berbagai gagasan tentang pengukuran di bidang PR berikut operasionalisasinya dalam praktik. Konsep-konsep pengukuran PR, berikut metode-metode pengukuran penting seperti Media Content Analysis (MCA) dan survei efektivitas komunikasi, dipaparkan secara luas, lengkap dengan ilustrasinya. Demikian pula, penerapan metode Balanced Scorecard (BSC) untuk menilai kinerja suatu unit PR dibahas secara terperinci.
 
STOK BUKU KOSONG

Tidak ada komentar: