Rabu, 21 Desember 2011

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PANCASILA

Bambang Qomaruzzaman



Cetakan I, 2011
ISBN : 979-3782-68-3
15 x 21cm, 144 Halaman
Isi : HVS 70 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Rp. 40.000


Pendidikan Karakter telah diwacanakan agar menjadi kewajiban semua pihak, namun dunia pendidikan-lah yang paling bertanggung jawab terhadap kewajiban ini. Penanggung jawab utama dalam dunia pendidikan tentu saja guru. Jadi guru-lah yang menjadi penentu keberhasilan pendidikan karakter.

Pendidikan Karakter membutuhkan prinsip atau nilai acuan yang menjadi alur pembiasaan perilaku. Dalam buku ini, Pancasila dijadikan sebagai prinsip pendidikan karakter dengan Neuro Language Programming (NLP) sebagai pendekatannya. Mengapa? Pertama, Pancasila memiliki sejumlah prinsip universal dalam kehidupan yang dapat diberlakukan, bahkan oleh semua bangsa; Kedua, pada negara yang majemuk seperti Indonesia membutuhkan nilai bersama yang adil dan beradab; Ketiga, membangkitkan kembali pengamalan nilai-nilai Pancasila yang sudah mulai ditinggalkan dalam kehidupan berbangsa. Melalui cara ini, akan tumbuh SDM bangsa yang memiliki keterikatan dengan filosofi bangsa dan kelak akan memproduksi kearifan baru dari filosofi bangsa ini. Bila semua SDM bangsa ini terintegrasi dalam Pancasila, bangsa ini akan dapat mengharmonikan seluruh perbedaan yang akhir-akhirini menjadi masalah utama. 

Neuro Language Programming  (NLP)  adalah seperangkat alat untuk mengonstruksi atau memprogram pikiran (mental) agar seseorang bisa berkembang dan sukses. Secara sederhana, NLP adalah mengubah bahasa diri untuk perubahan tindakan. Berdasarkan perspektif NLP, tindakan itu dihasilkan dari bahasa pemahaman yang dihayati. 

Untuk memberikan gambaran lebih lengkap mengenai buku ini, berikut Daftar Isinya:



Prolog : JADILAH GURU BERKARAKTER

1. Apa itu Pendidikan Karakter?

2. Menimbang Wacana Pendidikan Karakter

3. Memandang Diri Secara Utuh

4. Empat Tugas Guru Karakter

5. Sekolahku, Rumah Ibadahku

6. Siap Menjadi Guru, Siap Menjadi Murid

7. Pancasila sebagai Sumber Karakter

8. Neuro Language Programming (NLP) untuk Pendidikan

9. Angket Alkemis

10. Beberapa Trik NLP untuk Pendidikan Karakter , Berbicara pada Bawah Sadar

Epilog : MENYALAKAN KARAKTER DARI DALAM DIRI
     

1 komentar:

Unknown mengatakan...

bisa didapat dimana buku ini? atau bisa memesan dari blog ini?