Minggu, 01 Maret 2015

ENSIKLOPEDIA KOMUNIKASI (PAKET 3 BUKU)

ENSIKLOPEDIA KOMUNIKASI
Alex Sobur

Cetakan I, 2014
ISBN : 978-602-7973-12-1
19 x 24 cm; Buku 1 318 Hlm, Buku 2: 278 Hlm, Buku 3 : 328 Hlm
Isi : HVS 70 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Rp. 300.000 /Paket


KEHADIRAN sebuah kamus atau ensiklopedia (disebut juga ensiklopedi) memang sangat diperlukan oleh banyak pihak, terutama bagi mereka yang aktif, baik dalam kegiatan studi maupun dalam aktivitas berkarya. Penggunaannya pun beragam; ada yang bertujuan sekadar untuk mengingat kembali pengetahuan yang pernah dimilikinya, memantapkan apa yang telah diketahuinya, atau untuk mengetahui sesuatu yang tidak atau belum begitu banyak yang diketahuinya.

Secara umum, kamus adalah daftar kata-kata yang disusun secara alfabetis yang disertai dengan arti, lafal, definisi, etimologi, serta keterangan lain yang berhubungan dengan kata, tertentu. Kamus umumnya memuat bermacam-macam informasi ihwal kata dengan segala aspeknya yang disusun sebegitu rupa, mulai dari soal ejaan, jenis kata, kelas kata, dan arti kata, contoh penggunaan kata, bahkan termasuk sejarah penggunaan kata. Kamus berbeda dengan ensiklopedia meski ada juga persamannya.

Dalam arti umum, ensiklopedia adalah sejenis kamus, tersusun menurut abjad, tetapi disertai uraian lebih luas mengenai cakupannya, dan kerap dilengkapi dengan ilustrasi. Ensiklopedia juga bisa berarti "sebuah buku, sering terdiri atas beberapa jilid, yang memberikan informasi mengenai pelbagai hal, atau perlbagai aspek, atau hanya satu bidang tertentu, biasanya disusun berdasarkan abjad. Ensiklopedia dimaksudkan untuk memberikan ringkasan latar belakang suatu ilmu pengetahuan dan pembahasan konsep suatu bidang tertentu, yang berguna untuk memperoleh gambaran mengenai suatu subjek yang asing bagi pembaca serta memperoleh kata kunci untuk penelusuran yang lebih terperinci"

Cakupan ensiklopedia sangat luas. Maka dari itu, pada umumnya ensiklopedia diperbarui dalam kurun-kurun waktu tertentu, mengingat ilmu serta pengetahuan berkembang terus sesuai dengan perkembangan zaman serta masyarakat. Tambahan yang diperlukan untuk memperbarui isi  ensiklopedia ini dilakukan dengan membuat edisi revisi atau jilid tambahan yang sering disebut "suplemen".

Lantas, apakah buku Ensiklopedia Komunikasi ini masuk kategori "kamus" atau "ensiklopedia"? Agak sulit memang untuk memasukkannya ke salah satu kategori tersebut. Yang jelas, buku ini boleh dibilang "kamus yang bergaya keensiklopedia-ensiklopediaan" atau "ensiklopedia yang cenderung bercorak kekamus-kamusan". Apa pun itu namanya, yang jelas penulis buku ini sebagai penyusun berharap, pembaca bisa memaknainya serta memetik manfaat sebesar-besarnya dari buku ini.

Dalam bidang komunikasi -sampai naskah buku ini disusun - sekurang-kurangnya kita dapat menemukan empat ensiklopedia yang sudah diterbitkan, yakni :
  1. Encyclopedia of Communication and Information (Jorge Reina Schement [ed],2001),
  2. The International Encyclopedia of Communication (Wolfgang Donsbach [ed.], 2008),
  3. Encyclopedia of Political Communication (Lynda Lee Kaid & Christina Holtz-Bacha [ed.],2008),
  4. Encyclopedia of Communication Theory (Stephen W. Littlejohn & Karen A. Foss [ed.], 2009.
Menurut penulis buku, sejauh yang diketahuinya, belum ada satu pun ensiklopedia komunikasi yang ditulis oleh penulis Indonesia yang memuat "kearifan lokal" atau "warna lokal" yang sedikit banyak menyinggung ihwal keindonesiaan seperti sejarah pers Indonesia, dunia penyiaran Indonesia, dan jagat perfilman nasional, yang tidak bisa kita temukan atau sedikit saja disinggung-meski kita harus mengakui segala kelebihan dan manfaatnya- dalam pelbagai ensiklopedia komunikasi yang ditulis oleh para penulis asing tersebut.

Penulis berharap buku Ensiklopedia Komunikasi ini dapat menjadi salah satu acuan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa, dosen, praktisi komunikasi, atau siapa saja yang berminat secara khusus memahami dan mempergunakan secara saksama berbagai lema/entri, frasa, atau istilah-istilah yang termuat dalam buku ini.

Buku ENSIKLOPEDIA KOMUNIKASI ini dicetak dalam 1 paket berisi 3 jilid. Jilid 1 entri A sampai I, Jilid 2 entri J sampai O dan Jilid 3 entri P sampai Z. Dikemas dalam 1 paket.

Dalam sambutan buku, Bapak Yuliandre Darwis, Ph.D., Ketua Umum Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia menyatakan bahwa dari segi substansi, buku ini menyajikan rangkaian istilah komunikasi yang tersusun menurut abjad, tetapi disertai uraian yang lebih luas untuk mengenal cakupannya dan kerap dilengkapi dengan istilah yang memberikan informasi yang komprehensif.










Tidak ada komentar: