Selasa, 17 November 2015

FILSAFAT KOMUNIKASI ORANG MELAYU

FILSAFAT KOMUNIKASI ORANG MELAYU
Dr. Antar Venus, M.A.

 Cetakan I, 2015
ISBN : 978-602-7973-28-2
16 x 24 cm, 252 Halaman
Isi : Bookpaper 57,5 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Rp. 75.000  



Dalam khazanah pemikiran orang Melayu, komunikasi tampaknya menjadi sendi membangun kehidupan bersama. Orang Melayu lebih suka mendahulukan cara komunikasi daripada cara kekerasan yang dianggap tidak cerdas dan tidak beradab dalam menyelesaikan masalah. Cara berpikir semacam ini tampak nyata dalam beragam kearifan lokal masyarakat Melayu yang terepresentasikan dalam berbagai peribahasa dan ungkapan. Bertolak dari peribahasa dan ungkapan Melayu yang ada, kita akan menemukan cara pandang orang Melayu tentang komunikasi. Bagi mereka, komunikasi bukanlah perkara sambil lalu, ia harus “dirasai” dan “dipikiri”. 

Orang Melalyu memandang komunikasi bermula dari hati yang dianggap sebagai pusat perasaan, pengertian, dan moralitas. Dengan bertolak dari hari, komunikasi dipandang menjadi arena kerja sama yang memungkinkan setiap orang memperoleh kepuasan, manfaat, serta penguatan hubungan antarpribadi.
 
Berdasarkan analisis paremiologis yang penulis buku lakukan, penulis menemukan bahwa sistem gagasan orang Melayu tentang komunikasi telah tersusun secara apik, sistematik, dan bersifat saling mengait. Susunan tersebut kemudian terepresentasikan dalam bentuk dua buah model yang penulis namakan : Model Komunikasi Burung Serindit dan Model Komunikasi Berbudi basa.

Buku karya Dr. Antar Venus, M.A lainnya : MANAJEMEN KAMPANYE 

Informasi/Pemesanan : 022-5208370, 087-825-798-555

Tidak ada komentar: