Kamis, 07 April 2011

FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI

Penulis :
Drs. Elvinaro Ardianto, M.Si
Bambang Q-Anees 

 
Bila Anda membaca buku teks komunikasi, Anda akan berhadapan dengan sejumlah teori atau model yang mencoba menjelaskan – bahkan membatasi – apa itu komunikasi.  Sejumlah teori atau model itu, semuanya tampak benar dan bisa menjelaskan fenomena komunikasi. Anda mungkin akan bertanya: Bila satu teori sudah bisa menjelaskan fenomena komunikasi, mengapa harus ada teori lain? Bila teori baru lebih memadai ketimbang teori lama, mengapa teori lama masih dibicarakan? Atau pertanyaan lain yang kerap muncul adalah, dari sejumlah teori itu manakah yang dapat kita pergunakan untuk menganalisis komunikasi? Filsafat Ilmu Komunikasi dapat memberikan jawaban atas kebingungan itu.

Buku FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI ini mencoba menyajikan Filsafat Illmu Komunikasi secara lebih memadai ketimbang buku-buku sejenis yang telah ada. Dimulai dari pemahaman mengenai filsafat dan filsafat ilmu, sampai kepada penjelajahan sejumlah perspektif ilmu komunikasi: Positivisme, Post Positivisme, Interpretatif, Teori kritis, dan pengaruhnya dalam pembentukan ilmu komunikasi.

Filsafat Ilmu Komunikasi sangat penting bagi mahasiswa atau sarjana komunikasi yang hendak melakukan pengembangan teori komunikasi melalui penelitian. Dalam Praktik penelitian, biasanya ada tiga pertanyaan mendasar, yaitu: Kemana saya sedang berjalan? Bagaimana saya tiba di sana? Dimana sekarang ini berada? Dua pertanyaan pertama dapat ditemukan pada buku-buku metode penelitian, namun pertanyaan ketiga hanya dapat ditemukan jawabannya pada buku Filsafat Ilmu Komunikasi. Padahal pertanyaan ketiga ini sangat penting dan memengaruhi seluruh proses penelitian.

Buku ini adalah buku yang sangat representative dalam menguraikan Filsafat Ilmu Komunikasi. Ditulis oleh dua orang penulis yang sangat menguasai bidangnya.  Buku ini penting dibaca oleh para Mahasiswa S1 dan S2 Fakultas Ilmu Komunikasi serta para peminat ilmu filsafat dan ilmu komunikasi.


Buku Filsafat Komunikasi lainnya:
FILSAFAT SEBAGAI AKAR ILMU KOMUNIKASI, Prof. Dr. Nina W. Syam

Informasi dan Pemesanan Buku ke :
 022 5208370 atau 089643965153 atau email ke : siramedia@yahoo.com
_____________________________________________

Tidak ada komentar: