Minggu, 22 Mei 2011

JURNALISME RADIO: TEORI DAN PRAKTIK

Penulis
:
Santi Indra Astuti, S.Sos., M.Si
Cetakan II
:
Agustus 2008
ISBN
:
979-3782-45-5
Ukuran
:
16 x 24 cm
Halaman
:
Xiv+ 198 ( 212 halaman)
Kertas
:
Isi  HVS 70 gr, Cover AC 210 gr
Warna
:
Isi BW, Cover FC




Dalam dunia jurnalistik, radio merupakan salah satu media komunikasi massa yang memegang peranan penting. Radio menyampaikan pesan dengan cepat dan akurat. Selain itu, radio bersifat personal sehingga setiap pesan dapat dimaknai secara unik, pribadi, customized. Dunia radio sendiri begitu dinamis. Walaupun banyak pihak sempat meramalkan "matinya radio" karena tergantikan oleh televisi, dalam perkembangannya, radio membuktikan diri telah berhasil bertahan. Radio bahkan terus eksis, bertransformasi menjadi media yang semakin personal. Dan ini membuktikan kekuatan radio untuk mengikat khalayak dengan sentuhan emosional.

Buku Jurnalisme Radio ini membahas segi-segi yang terkait dengan dunia radio dari dimensi jurnalisme. Dalam wilayah teori, Anda akan diajak untuk melacak awal mula radio menjadi media jurnalistik, tahapan apa saja yang telah dilalui radio hingga berubah menjadi media seperti yang kita kenal sekarang ini, serta teori dan faktor-faktor apa saja yang menjadi komponen radio sebagai media jurnalistik.

Selanjutnya, dalam wilayah praktik, Anda akan diajak untuk menelusuri seluk-beluk berkomunikasi menggunakan radio. Dimulai dari radio scriptwriting style, kemudian dilanjutkan dengan aplikasinya pada produk-produk radio yang lebih spesifik di bidang jurnalisme. Karena itu, buku ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa jurusan jurnalistik, tetapi juga bagi para praktisi radio, dan Anda yang berminat pada jurnalisme radio.

Tidak ada komentar: