Rabu, 20 Maret 2013

KOMUNIKASI POLITIK PADA ERA MULTIMEDIA

Roni Tabroni


Cetakan I, 2012
ISBN :978-979-3782-89-8
16 x 24 cm, 196 Halaman
Isi : HVS 70 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Kosong/Revisi



Perubahan sistem pemili di Indonesia telah membuka ruang partisipasi publik dalam bentuk pemilihan langsung. Kemenangan pun tidak lagi ditentukan berdasarkan nomor urut, tetapi berdasarkan banyaknya suara yang memilih. Untuk mendapatkan simpati publik dan memperoleh suara terbanyak pada saat pemilu, pola-pola kampanye tradisional sudah tidak zaman lagi. Masyarakat tidak bisa lagi didikte, mereka punya kebebasan untuk menentukan sikap dan pilihan politiknya. Mau tidak mau cara berkomunikasi dalam proses kampanya politik pun harus menggunakan pola-pola modern yang lebih kreatif dan inovatif dengan menyertakan konsultan PR, termasuk di dalamnya media apa yang akan digunakan.

Media massa dan politik tidak bisa dipisahkan karena media memiliki posisi sebagai saluran komunikasi politik yang sangat efektif. Media massa memainkan peran yang sangat penting dalam politik. Ia memiliki kemampuan untuk membuat seseorang  cemerlang dalam karier politiknya. Selain melalui media cetak dan elektronik, seiring dengan semakin bertambahnya pengguna internet saat ini, internet dapat dijadikan media kampanya yang efektif. Obama telah membuktikan kesuksesannya bukan hanya dalam konteks penggunaan internet dan media sosial sebagai media kampanye yang efektif, melainkan juga sangat ampuh dalam meraih simpati publik.

Buku ini memberikan wacana baru tentang bagaimana menjadikan internet dan media sosial sebagai bagian dari diskursus yang harus dikembangkan agar dapat memberikan kontribusi nyata dalam proses kampanye politik di lapangan.

Disajikan berdasarkan urgensi pesan yang diawali dengan konsep dsar komunikasi dan komunikasi politik : etika komunikasi; opini publik; pemasaran politik; sampai pemahaman tentang media, termasuk internet dan media sosial

Disajikan pula contoh penggunaan internet dan media sosial dalam aktivitas politik, khususnya dalam kampanye pemilihan Presiden Amerika 2008 dan 2012. Buku ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen komunikasi politik, para praktisi politik, tim kampanye politik, serta masyarakat yang tertarik dengan wacana komunikasi politik.

Buku lain terkait judul buku ini :
    Penulis : DR. Mahi M. Hikmat

Untuk Informasi dan Pemesanan buku bisa kontak ke Simbiosa Rekatama Media

Tidak ada komentar: