Minggu, 27 Februari 2011

DIPLOMASI: PRAKTIK KOMUNIKASI INTERNASIONAL

Penulis
:
Drs. Moh. Shoelhi, M.B.A.,  M.M
Cetakan I
:
Februari 2011
ISBN
:
978-979-3782-66-9
Ukuran
:
16 x 24 cm
Halaman
:
x +226 (236 halaman)
Kertas
:
Isi HVS 70 gr, Cover AC 210 gr
Warna
:
Isi BW, Cover FC




Dalam era informasi tanpa batas seperti sekarang ini, setiap orang, baik secara individu maupun institusional , boleh jadi menjadi duta tidak resmi bagi negaranya untuk ikut berdiplomasi dalam berbagai percaturan internasional. Di sini, kemampuan diplomasi sangat diperlukan agar pesan yang disampaikan mengandung bobot pengaruh sehingga diperhitungkan.

Dalam tataran pendidikan dan wawasan diplomasi, perkembangan yang terjadi di dunia komunikasi internasional tersebut tampaknya tidak diimbangi dengan ketersediaan buku-buku atau bahan referensi tentang diplomasi secara memadai.

Buku DIPLOMASI: Praktik Komunikasi Internasional ini secara konseptual sengaja dirancang dengan memerhatikan muatan dasar, sekaligus muatan substantive yang selaras dengan tujuan khusus dan tujuan umu yang hendak dicapai dalam pengajaran diplomasi sebagai praktik ilmu komunikasi internasional. Titik berat sudut pandang diletakkan pada komponen komunikator  (diplomat) dalam kegiatan diplomatik di medan komunikasi  internasional. Substansi buku ini secara keseluruhan merujuk pada ilmuwan-ilmuwan terkemuka dalam disiplin komunikasi umumya dan diplomasi khususnya.

Secara garis besar, substansi buku ini terdiri atas dua bagian, yaitu teori komunikasi internasional dan diplomasi sebagai praktik komunikasi internasional  Aspek-aspek mendasar dalam disiplin komunikasi internasional dibahas menurut versi Onong Uchjana Effendi, Pace R. Wayne dan Austin J. Freelay. Dari perspektif diplomatik terangkai teori-teori diplomasi versi Sir Ernest Satow, Thomas Hovet, Jr, Prosser H. Michael, dan Dexter Perkins serta teori diplomasi modern dari Harold Nicholson, Adam Watson, dan R.P. Barston. Diangkat pula perihal teknik negosiasi dan diplomasi versi alan N. Schoemaker, John Illich, dan Jereim G. Thorn. Buku ini diperkaya juga dengan pengalaman-pengalaman berharga dan menarik dari sejumlah diplomat selama bertugas di Negara akreditasi masing-masing, termasuk Sunaryo Suryokusumo dan Anatoly Dobiryn.

Buku ini sangat penting bagi segenap masyarakat, khususnya para calon diplomat, pengamat, praktisi, peneliti, akademisi, mahasiswa jurusan hubungan internasional, mahasiswa fakultas ilmu komunikasi, cerdik cendekia, dan siapa saja diantara masyarakat terpelajar yang punya minat dalam disiplin ilmu komunikasi internasional.

Buku Komunikasi Internasional lainnya:

Tidak ada komentar: