Selasa, 01 Februari 2011

MANAJEMEN KAMPANYE EDISI REVISI, Panduan Teoretis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi

Dr. Antar Venus, M.A.

Cetakan I (2018) Cetakan II (2019)
ISBN : 978-602-7973-60-2
Halaman :384 Halaman
Ukuran : 16 x 24 cm
Kertas isi : Bookpaper 55 gram
Harga Rp. 115.000
 
Info dan Pemesanan 089643965153
 
 
Sejak reformasi bergulir, masyarakat kita berubah menjadi masyarakat yang demokratis. Mereka tampak lebih independent, egaliter, terbuka dan lebih cerdas dalam menanggapi berbagai informasi maupun upaya persuasive yang ditujukan kepada mereka. Karena perubahan seperti ini, berbagai upaya yang ditujukan untuk menyadarkan, memberdayakan, atau mempengaruhi masyarakat secara paksa menjadi tidak relevan lagi. Nilai-nilai demokrasi menolak segala bentuk paksaan terhadap masyarakat. Di sini, kampanye muncul sebagai satu instrument penting masyarakat yang demokratis. Kampanye merupakan wujud tindakan komunikasi yang secara inheren bersifat persuasive.

Drs. Antar Venus, MA mencoba menyelami kegiatan kampanye yang lebih efektif. Kampanye memiliki kemampuan mempengaruhi masyarakat, selain menjadi praktik umum dalam keseharian hidup kita. Namun, banyak pula kampanye yang ditempuh tanpa landasan konsep ilmiah yang dikembangkan dalam disiplin komunikasi.

Sebagian besar kampanye yang dilakukan di negeri ini mengandalkan feeling dan kebiasaan yang telah dipraktikkan secara turun temurun. Semua ini bisa dimaklumi sebab sumber-sumber rujukan tentang kampanye dalam bahasa Indonesia masih langka. Padahal, kebutuhan itu mendesak sekali. Buku setebal 268 halaman ini muncul sebagai upaya menjawab kebutuhan tersebut.

Pembahasan buku ini difokuskan pada dimensi teoritis maupun praktis kampanye. Aspek teoritis dijelaskan dalam Bab I-VII. Paparannya soal landasan ilmiah yang menjadi dasar studi kampanye. Sedangkan aspek praktis, di Bab VIII, memberikan gambaran berupa semacam panduan, bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu program kampanye.

Bagaimana praktik dan pemahaman kita tentang kampanye? Kebanyakan dari kita masih bingung dengan konsep ini. Kita sering menyamakan kampanye dengan propaganda, padahal keduanya berbeda. Setidaknya, ada beberapa perbedaan yang mendasar antara kampanye dan propaganda.  Setidaknya ada tiga perbedaan kampanye dan propaganda yang dijelaskan Antar Venus dalam buku ini.

Tiap aktivitas kampanye komunikasi minimal harus mengandung empat hal. Yakni, tindakan kampanye ditujukan untuk menciptakan efek ataupun dampak tertentu, jumlah khalayak sasarannya besar, biasanya dipusatkan dalam kurun waktu tertentu, serta melalui serangkaian tindakan komunikasi yang terorganisir.

Buku ini begitu luas mengulas kampanye dari berbagai aspek sehingga sangat tepat jika dijadikan referensi dan menambah wawasan Anda dalam berkampanye.

(Disarikan kembali dari Tinjauan Buku yang ditulis oleh  Hermin Susanty, Rubrik OPINI Media Indonesia, Sabtu 16 April 2005)

Buku-buku pilihan yang berkaitan dengan buku Manajemen Kampanye :




 


Tidak ada komentar: