Idi Subandy Ibrahim
Penerbit Simbiosa Rekatama Media
Cetakan V, 2014,
188 Halaman
HVS 70 gram
Harga Rp. 50.000
Info dan Pemesanan 089643965153
Kecerdasan Komunikasi (communication intelligence), adalah frase yang jarang kita dengar ketimbang kecerdasan-kecerdasan yang lain, seperti kecerdasan emosional atau spiritual. Padahal kekayaan cara kita berkomunikasi dan aneka simbol yang kita gunakan adalah salah satu anugerah hakiki yang kita miliki yang membedakan kita dari makhluk yang lain. Kecerdasan Komunikasi adalah salah satu prasyarat penting untuk hidup dalam lingkungan komunikasi yang dinamis.
Penerbit Simbiosa Rekatama Media
Cetakan V, 2014,
188 Halaman
HVS 70 gram
Harga Rp. 50.000
Info dan Pemesanan 089643965153
Kecerdasan Komunikasi (communication intelligence), adalah frase yang jarang kita dengar ketimbang kecerdasan-kecerdasan yang lain, seperti kecerdasan emosional atau spiritual. Padahal kekayaan cara kita berkomunikasi dan aneka simbol yang kita gunakan adalah salah satu anugerah hakiki yang kita miliki yang membedakan kita dari makhluk yang lain. Kecerdasan Komunikasi adalah salah satu prasyarat penting untuk hidup dalam lingkungan komunikasi yang dinamis.
Penulisan buku Kecerdasan Komunikasi diawali dengan niat sederhana untuk memberikan pegangan simpel bagi para pemula atau calon praktisi komunikasi yang ingin berkecimpung dalam bidang media, public relations dan periklanan. Ia ingin memberi pengetahuan dasar dalam meningkatkan kecerdasan tentang seluk-beluk penulisan dalam komunikasi massa dan komunikasi publik. Mungkin ia bisa dibilang sekedar “pupuk” untuk memancing spirit kreatif di kalangan Mahasiswa yang tertarik dengan ketiga bidang tersebut.
Teristimewa bagi Anda yang menaruh minat pada dua bidang spesialisasi komunikasi, yakni mass (media) communication dan speech communication, buku ini dapat membantu untuk menambah beberapa subjek pembahasan yang memperkaya pengetahuan dan keahlian komunikasi.
Pertama, dari sisi mass (media) communication, buku ini menyediakan subjek pembahasan mengenai aspek-aspek yang terkait dengan seluk-beluk penulisan berita, biografi dan profil, press release, dan iklan serta advertorial.
Seorang praktisi komunikasi dalam dunia media, iklan, public relations (PR), hiburan, bisnis, pemerintah, LSM, atau pendidikan, haruslah memiliki kecerdasan komunikasi, dalam arti menjadi komunikator-komunikator kreatif dan kaya imajinasi. Sumber daya manusia yang bergelut dalam bidang-bidang strategis tersebut semakin dituntut memiliki kemampuan kreatif untuk mengemas dan mengomunikasikan pesan-pesan lembaganya agar sampai secara efektif dan memikat, tanpa mengelabui klien, stakeholder, atau public.
Kedua, dari sisi speech communication, buku ini menyajikan subjek pembahasan mengenai beberapa prinsip dan pedoman yang berhubungan dengan seni dan keahlian berpidato atau melakukan presentasi, baik untuk kepentingan khalayak yang terbatas dan homogen maupun publik yang lebih luas dan heterogen.
Apabila semakin disadari bahwa kecerdasan komunikasi publik dalam arti penguasaan konsep dan aplikasi komunikasi publik lewat pidato dan presentasi ini adalah kemampuan yang tak bisa dipisahkan dari peningkatan karier dalam dunia bisnis dan pemerintah. Untuk itu, kecerdasan dan kreativitas dalam merancang dan menyampaikan pesan dalam pidato dan presentasi semakin dibutuhkan oleh siapa pun yang ingin meningkatkan kualitas dalam berkomunikasi dengan rekan, atasan, dan publik.
Buku ini melihat komunikasi sebagai tindakan aktif dan kreatif dari komunikator. Buku ini juga memandang bahwa kepekaan rasa, kekayaan imajinasi, dan kemampuan empati merupakan modal dasar untuk membangun kecerdasan komunikasi insani. Siapa pun Anda, latar profesi apa pun yang Anda geluti, bidang pekerjaan apa pun yang Anda tekuni, kemampuan komunikasi kreatif semakin dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan rekan Anda, atasan Anda, dan sudah tentu dengan publik.
Informasi/Pemesanan hubungi :
Pemasaran Simbiosa Rekatama Media : 022 5208370, 0877 1755 0039
Tidak ada komentar:
Posting Komentar