Rabu, 05 Oktober 2011

MENULIS ARTIKEL & TAJUK RENCANA


Penulis
:
Drs. AS Haris Sumadiria, M.Si
Cetakan v
:
Oktober 2009
ISBN
:
979-3782-08-0
Ukuran
:
16 x 24 cm
Halaman
:
Xii + 162 ( 174 halaman)
Kertas
:
Isi  HVS 70 gr, Cover AC 210 gr
Warna
:
Isi BW, Cover FC




Menulis berkaitan erat dengan peradaban. Bahasa membedakan manusia dari binatang, sedangkan tulisan membedakan antara orang beradab dari orang biadab. Menulis itu sangat penting, paling tidak untuk mencapai tiga hal. Pertama, sebagai wahana diskusi dan sosialisasi gagasan. Kedua, memberi kontribusi pemikiran dalam kerangka mencari solusi suatu masalah. Ketiga, sebagai sarana proses aktualisasi dan eksistensi diri.

Menulis adalah kegiatn produktif dan ekspresif kaum intelektual di mana pun. Dalam kehidupan modern dewasa ini, tak seorang pun dari kita bisa mengelak dari tulisan. Setiap hari kita dibombardir dengan jutaan informasi yang dikemas melalui tulisan media massa. Kita memilih sesuka hati kita, menerima dan bahkan menikmatinya. Lewat tulisan, pengetahuan kita bertambah, wawasan kita makin luas, daya analisis kita makin tajam, sikap kita makin bijak, rasa kemanusiaan kita makin peka, dan keputusan serta tindakan kita pun makin menuju ke arah yang benar.

Inilah buku paling lengkap di kelasnya yang mengupas tuntas teori, teknik, dan kita menulis artikel dan tajuk rencana untuk surat kabar, tabloid, dan majalah. Disajikan dalam bahasa yang memikat, lincah, segar, dan mudah dicerna. Buku ini sangat bermanfaat terutama bagi para mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu yang menyukai tradisi intelektualisme dan pencerahan, mahasiswa jurusan jurnalistik, humas (public relations), fakultas dakwah,praktisi media massa, praktisi humas, peneliti, intelektual, cendekiawan, ilmuwan, dosen, politisi, aktivitis, guru pada semua jenjang pendidikan, serta siapa saja yang memiliki hasrat besar mengembangkan minat dan bakatnya menjadi penulis dan jurnalis profesional.

Buku lain karya AS Haris Sumadiria:

Tidak ada komentar: