Rabu, 20 April 2011

BAHASA JURNALISTIK, Panduan Praktis Penulis dan Jurnalis

Penulis
:
Drs. AS Haris Sumadiria, M.Si
Cetakan I
:
Mei 2006  , Cetakan VII (2017)                          
ISBN
:
979-3782-20-x
Ukuran
:
16 x 24 cm
Halaman
:
Xvi + 268 ( 284 halaman)
Kertas
:
Isi  HVS 70 gr, Cover AC 210 gr
Warna
:
Isi BW, Cover FC


 Sinopsis :

Bagi para penulis dan jurnalis, bahasa adalah senjata, dan kata-kata adalah pelurunya. Mereka tidak mungkin bisa melumpuhkan kekuatan pikiran, suasana hati, dan gejolak perasaan khalayak pembaca, pendengar, atau pemirsanya, jika tidak menguasai BAHASA JURNALISTIK dengan benar dan baik. Mereka harus dibekali dengan amunisi memadai dengan cara menguasai kosa kata, ejaan, pilihan kata, kalimat, paragraph, gaya bahasa, dan etika BAHASA JURNALISTIK. Jika tidak, seorang penulis atau jurnalis tidak berbeda dengan prajurit yang menyerah kalah di medan perang.

Sebagai salah satu ragam bahasa, BAHASA JURNALISTIK senantiasa tampil ringkas dan lugas. BAHASA JURNALISTIK juga disyaratkan tampil menarik, variatif,segar, berkarakter. BAHASA JURNALISTIK bersifat logis, dinamis, demokratis, dan populis. Dalam BAHASA JURNALISTIK, setiap kata harus bermakna, bahkan harus bertenaga dan bercita rasa. Kata bertenaga dengan cepat dapat membangkitkan daya motivasi, persuasi, fantasi, dan daya imajinasi pada benak khalayak. Dalam BAHASA JURNALISTIK tersimpul etika. Dengan etika, kehadiran jurnalis dan media termuliakan. Tanpa etika, kehadira jurnalis dan media akan berakhir dengan kehancuran.
Buku ini mengupas tuntas berbagai hal yang berkaitan dengan BAHASA JURNALISTIK, yaitu: fungsi utama bahasa Jurnalistik, karakteristik bahasa jurnalistik, kata dan diksi jurnalistik, kaidah diksi jurnalistik, karakteristik kalimat jurnalistik, paragraph jurnalistik, ejaan dalam bahasa jurnalistik, kiat dan asas penulisan berita radio, kiat dan asas penulisan naskah televise, gaya bahasa jurnalistik, serta etika dan pedoman bahasa jurnalistik.

Buku seri jurnalistik ini diterbitkan untuk memenuhi kebutuha para mahasiswa jurnalistik, kehumasan (Public relations), ilmu komunikasi, dakwah, praktisi media massa, praktisi humas, peneliti, intelektual, cendekiawan, ilmuwan, dosen, politisi, aktivis, guru, serta siapa saja yang memiliki hasrat besar menjadi penulis dan jurnalis. Ditulis sesuai dengan karakter BAHASA JURNALISTIK: ringkas, lincah, segar, memikat, dan mudah dicerna. 
 
Untuk informasi buku Jurnalistik lainnya, silahkan kunjungi  Laman Buku Jurnalistik

Tidak ada komentar: