Rabu, 28 November 2012

SOSIOLOGI SEBAGAI AKAR ILMU KOMUNIKASI

Prof. Dr. Nina W. Syam, M.S.

 
Cetakan I, 2012
ISBN : 978-979-3782-90-4
18,8 x 24 cm, 198 Halaman
Isi : HVS 70 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Kosong



Sosiologi sebagai Akar Ilmu Komunikasi merupakan buku keempat dari 8 (delapan) judul Seri Pohon Komunikasi, sekaligus sebagai salah satu landasan ilmiah komunikasi dari 8 (delapan) landasan yang akan disajikan (filsafat, psikologi, psikologi sosial, sosiologi, antropologi, biologi, fisika dan matematika).

Ilmu komunikasi merupakan cabang yang berakar dari berbagai ilmu sosial, salah satunya adalah sosiologi. Sosiologi adalah ilmu tentang manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi antara satu sama lain dengan cara berkomunikasi. Sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi merupakan inti penjabaran dari hubungan sosiologi dan komunikasi karena dalam sosiologi, kajian komunikasi menjadi unsur terpenting dalam seluruh kehidupan manusia.

Dalam Sosiologi sebagai Akar Ilmu Komunikasi, interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat merupakan perwujudan dan komunikasi yang bersifat konkret. Interaksi yang terjadi diantara manusia menimbulkan kontak sosial. Di sini, makna sangat penting ditafsirkan oleh individu yang mendapat informasi karena makna yang dikirim oleh komunikator kepada komunikan menjadi sangat subjektif. Ini ditentukan kontak sosial ketika informasi itu dikirim dan diterima.

Buku Seri Pohon Komunikasi sebelumnya :

1. FILSAFAT SEBAGAI AKAR ILMU KOMUNIKASI

2. PSIKOLOGI SEBAGAI AKAR ILMU KOMUNIKASI

3. PSIKOLOGI SOSIAL SEBAGAI AKAR ILMU KOMUNIKASI

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.