Kamis, 21 April 2011

KOMUNIKASI PEMBANGUNAN, PENDEKATAN TERPADU

Penulis :
Sumadi Dilla 


Menjadi negara yang maju dan modern adalah harapan setiap negara berkembang (negara dunia ketiga). Berbagai teori dan pendekatan pembangunan sudah diterapkan, namun belum ada perubahan yang signifikan. Alih-alih terjadi perubahan, malah muncul ketimpangan di berbagai aspek kehidupan sehinga memunculkan permasalahan baru.


Peranan komunikasi dalam pembangunan merupakan sebuah kunci keberhasilan suatu pembangunan bangsa dan negara. Tanpa adannya komunikasi diantara perencana dan sasaran pembangunan, pembangunan tidak akan berhasil seperti yang diharapkan. Banyak yang tidak menyadari hal ini. Masyarakat sebagai sasaran pembangunan jarang, bahkan tidak diikutsertakan dalam perencanaan dan pelaksanaannya sehingga hanya sebagian kecil orang yang dapat merasakan manfaat dari pembangunan. Dan pembangunan tersebut seolah-olah menjadi sia-sia, bahkan menjadi bumerang.

Kegagalan praktik pembangunan, di negara-negara berkembang, khususnya di Indonesia, selain disebabkan penggunaan paradigma dan teori yang tidak relevan, juga banyak disebabkan oleh model pendekatan  komunikasi yang belum sesuai denga kondisi masyarakat.

Buku ini mengetengahkan upaya pencarian model pendekatan komunikasi sebagai strategi komprehensif untuk melakukan perubahandan pembangunan bangsa dan negara. Di dalamna dipaparkan sejumlah pandangan, pemikiran, dan analisis, baik secara teoretis maupun praktis mengenai aspek, paradigma, teori, pendekatan serta model komunikasi dan pembangunan, juga teknologi komunikasi sebagai sebuah strategi dalam penerapannya.

Informasi/Pemesanan hubungi : 
Pemasaran Simbiosa Rekatama Media : 022 5208370, 0877 1755 0039

Tidak ada komentar: