Senin, 10 Oktober 2011

PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QURAN

Penulis
:
Bambang Q-Anees, M.Ag  Drs. Adang Hambali, M.Pd.
Cetakan I
:
Mei 2008
ISBN
:
979-3782-40-4
Ukuran
:
15X 21 cm
Halaman
:
VIII + 164 ( 172 Halaman)
Kertas
:
Isi HVS 70 gr, Cover AC 210 gr
Warna
:
Isi BW, Cover FC


Pendidikan karakter tiba-tiba menjadi wahana hangat di dunia pendidikan Indonesia. Gagasan Pendidikan Karakter menginterupsi kita, atau bahkan menonjok keterlenaan kita. Selama ini kita begitu asyik berenang-renang pada model pendidikan yang menafikan karakter, sibuk menyusun desain pembelajaran dengan meletakkan pilihan a, b, atau c sebagai evaluasi terakhir. Kita bangga menyaksikan anak-anak didik begitu terampil memainkan pensil 2Bnya diantara isian soal ujian akhir; sembari menutup mata bahwa semakin hari mereka tampil sebagai "orang asing" atau sebagai orang yang terpecah (berpengetahuan x tetapi berperilaku minus x)

Merujuk pada piramida terbalik Maslow, kini saatnya dunia pendidikan mengubah paradigma. Buka lagi mengarahkan siswa untuk sekedar memiliki keterampilan mengerjakan soal-soal eksakta (IQ), melainkan mendorong siswa untuk dapat mengaktualisasikan dirinya dan memiliki kebiasaan menemukan makna kehidupan. Selama ini pendidikan agama secara umum dan pendidikan pesantren terdesak oleh kecenderungan pendidikan yang mengutamakan eksakta, akibatnya apa yang menjadi kelebihan dunia pendidikan agama ditinggalkan. Lewat temuan Danah  Zohar dan Ian Marshall, modal dasar pendidikan agama, yaitu makna dan spiritualitas, sudah saatnya dikembangkan ulang sesuai dengan tantangan dan kebutuhan saat ini.

Buku ini menawarkan cara pandang baru dalam pendidikan karakter. Merujuk pada hadist Nabi bahwa dirinya diutus untuk menyempurnakan karakter (akhlak), buku ini menawarkan sejumlah prinsip pendidikan karakter berbasis Al-Quran. Mengapa? Al-Quran adalah akhlak Muhammad Rasulullah, atau Muhammad Rasulullah adalah Al-Quran hidup. Jadi, bila kita hendak mengarahkan pendidikan kita, dan menumbuhkan karakter yang kuat pada anak didik, tiada lagi model yang memiliki karakter yang sempurna kecuali Muhammad Rasulullah.

Ditulis oleh Bambang Q-Anees (Staf dosen UIN Sunan Gunung Djati) dan Adang Hambali (Kandidat Doktor Ilmu Pendidikan), dengan bahasa yang mengalir, serta sesekali merujuk pada sumber-sumber filosofis dan tasawwuf. Selain berisi tinjauan teoretis, buku ini juga mencantumkan beberapa langkah praktis penerapan pendidikan karakter berbasis Al-Quran. Karena itu, buku ini akan sangat bermanfaat bagi para guru agama, guru madrasah atau guru umum yang hendak menyisipkan pendidikan karakter pada mata pelajaran yang diasuhnya. Juga bermanfaat bagi mahasiswa fakultas keguruan dan pendidikan.

Buku-buku yang dapat dijadikan rujukan untuk pendidikan karakter berbasis Al-Quran:

Tidak ada komentar: