Jumat, 23 Juli 2010

AL- ALAQ, KEAJAIBAN MEMBACA


Penulis
:
Bambang Q-Anees
Cetakan I
Cetakan II
:
April 2007
Oktober 2009
ISBN
:
979-3782-29-3
Harga
:
Rp. 41.400
Ukuran
:
15 x 21 cm
Halaman
:
142 Halaman
Kertas
:
Isi HVS 70 gram, Jilid AC 210 gram
Warna
:
Isi 2 Warna, Cover Full Color



GENERASI NOL BUKU!


Hei…ternyata Indonesia pada tahun 1943-2005 memiliki prestasi nggak tertandingi : NOL BUKU. Anak-anak sekolah di negeri ini nggak pernah baca buku? Padahal pada saat sebelumnya, pada saat negeri ini masih dijajah Belanda siswa-siswa SMA diwajibkan baca buku antara 15-25 buk setiap tahunnya.
“Bagaimana , apakah kamu juga berada di “Nol Buku” itu, Tanya Pak Mursyid.

Hagia nggak menjawab, kepalanya mengangguk. Diam-diam ia merenung. Sebenarnya sih nggak nol buku. Tapi, kalau dihitung antara waktu membaca dan menonton pastilah lebih banyak menonton atau main Play Station.

“Inilah kelalaian umat Islam yang paling besar,” seru Pak Mursyid, “kita kehilangan modal terbesar. Kamu tahu anakku, membaca adalah modal utama orang beriman. Begitu umat Islam malas membaca, maka keimanannya menjadi kacau balau, mudah diadu domba dan dikorbankan. Sekali lagi, kelalaian kita yang terutama adalah melupakan kewajiban membaca!”

Simak terus uraian Pak Mursyid mengenai kewajiban membaca ini di buku Al-Alaq ini.


Prinsip Nilai yang bisa dipetik dari buku ini :


· Membaca adalah menghimpun makna, menggabungkan seluruh pengetahuan dan pengalaman untuk mendapatkan pemahaman baru dari apa pun yang dibaca. Objek yang dibaca bukan hanya buku, melainkan kehidupan.
· Membaca adalah menghubungkan diri dengan seluruh alam semesta dan Tuhan.
· Membaca adalah meyakini bahwa semua yang ada berasal dari hal yang sederhana.
· Membaca merupakan syarat awal kebaikan dan perbaikan karakter.

Komentar Pembaca :

· “Bahasanya mudah dimengerti dan ceritanya perfect banget. Bener-bener nyentuh kalbu gw. Sukses dech buat buku ini. Selamat untuk penulisnya, semoga terus berkarya dan menghasilkan buku-buku bermutu.“

(Egi Mahira Irham, Kelas VIII A, SMP Taruna Bakti Bandung)


· “Isinya berbobot yang dkemas dalam bahasa simple dan interaktif merupakan nilai tambah bagi buku ini. Buku yang menarik di zaman sekarang, memberikan andil yang besar untuk meningkatkan semangat membaca bagi remaja!”

(Ari Sanjaya, Kelas XI IPS, SMAN 3 Bandung)


· “Buku ini membangkitkan semangat membaca, bikin kita ngeh ama pentingnya membaca. Diulas berdasarkan sudut pandang islam, jadi nambah pengetahuan n beda!”

(Alia Nur Dwirahmani, Kelas XF, SMAN 70 Jakarta).


· “Wow…sangat menarik! Buku ini membahas Surat Al-Alaq dengan cara yang unik! Sederhana, dengan gaya bahasa yang khas, tapi juga sarat makna dan tepat sasaran! Saya bener-bener nggak nyangka kalo ‘membaca’ adalah kegiatan menyenangkan yang tak terbatas ruang dan waktu! Sudah saatnya kita bangun dan mencetak sejarah baru tentang kejayaan Islam.” (Susan, Fakultas Kedokteran UNISBA, 2006)

Tidak ada komentar: