Kamis, 22 Desember 2011

COMMUNITY RELATIONS, Konsep dan Aplikasinya (Edisi Revisi)

Dr. Yosal Iriantara


 
Cetakan IV, 2013
ISBN : 979-3782-07-2  
Ukuran : 16 x 24 cm
Halaman : 208 Halaman
Kertas isi : HVS 70 gram, 


Hubungan dialektis antara organisasi bisnis dan komunitas banyak mengubah praktis bisnis yang dijalankan berbagai perusahaan. Satu diantaranya, perubahan praktik community relations yang dijalankan organisasi bisnis. Community relations tak lagi dijalankan untuk kepentingan organisasi bisnis belaka, seperti untuk mendatangkan laba dan meminimalkan risiko gangguan dari komunitas, melainkan organisasi bisnis diajak untuk terlibat langsung menangani permasalahan yang muncul pada komunitas.

Perubahan tersebut kemudian semakin menemukan bentuknya, tatkala konsep tanggung jawab social korporat diimplementasikan. Organisasi bisnis tak lagi memandang dirinya sebagai institusi ekonomi belaka melainkan juga merupakan institusi social. Karena itu, organisasi bisnis pun mulai bersentuhan dengan persoalan-persoalan yang secara langsung tak ada kaitannya dengan kegiatan bisnis seperti soal lingkungan hidup, pengembangan masyarakat dan penghormatan terhadap hak-hak asasi manusia.

Konsep tanggung jawab social korporat sendiri melahirkan tantangan bagi para praktisi public relations di tanah air. Melalui konsep ini, citra atau reputasi organisasi harus diikhtiarkan agar tetap terjaga. Namun di samping itu, melalui kegiatan community relations, organisasi bisnis dituntut untuk memainkan peran mengatasi permasalahan social yang dialami komunitas. Tak mengherankan bila kini banyak organisasi bisnis yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan pengembangan masyarakat atau mendorong tumbuhnya semangat kewirausahaan di kalangan komunitas tempat organisasi tersebut berada.

Buku COMMUNITY RELATIONS ini membahas tentang cara menjalin hubungan dengan komunitas dikaitkan dengan pelaksanaan konsep tanggung jawab social korporat. Hal-hal yang diangkat penulis dalam buku ini diantarannya tentang Komunitas dan Organisasi, Tanggung Jawab Sosial Korporat, Proses Community Relations, Perencanaan Program Community Relations, Implementasi Program Community Relations, Evaluasi Program Community Relations dan Community Relations dalam praktik.

Buku ini penting dibaca oleh Mahasiswa PR, Praktisi PR, Konsultan PR, Pejabat PR dan staf perusahaan yang berhubungan dengan masyarakat (komunitas) di sekitarnya.


Buku Public Relations karya Yosal Iriantara lainnya:


  1. MEDIA RELATIONS  LITERASI MEDIA  
  2. PUBLIC RELATIONS WRITING

Tidak ada komentar: