Rabu, 03 September 2014

KOMUNIKASI PEMBELAJARAN, INTERAKSI KOMUNIKATIF DAN EDUKATIF DI DALAM KELAS

Dr. Yosal Iriantara

 


Cetakan I, 2014
ISBN : 978-602-7973-10-7
16 x 24 cm, 252 Halaman
Isi : HVS 70 gram, B/W ; Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Rp. 70.000


Komunikasi merupakan jantung proses pembelajaran. Sulit membayangkan proses pembelajaran yang berlangsung tanpa adanya komunikasi di antara mereka yang terlibat di dalamnya. Dalam proses pembelajaran, berlangsung semua level atau bentuk komunikasi, yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi publik, dan komunikasi bermedia.

"Guru efektif adalah komunikator yang efektif".Demikian dinyatakan oleh para pakar komunikasi pembelajaran. Dalam pandangan para pakar komunikasi pembelajaran, komunikasi efektif itu akan berkaitan dengan pemahaman terhadap konsep komunikasi, juga dengan teknik atau keterampilan berkomunikasi.

Kemampuan berkomunikasi merupakan satu prasyarat untuk menjadi guru profesional. Dalam standar kompetensi bagi pendidik di Indonesia ditegaskan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru adalah kompetensi komunikasi. Karena itu, komunikasi pembelajaran menjadi hal penting yang harus dipelajari oleh para pendidik.

Buku ini membahas berbagai prinsip komunikasi pembelajaran mulai dari komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi publik sampai dengan komunikasi bermedia. Para pendidik dapat menggunakan prinsip-prinsip komunikasi tersebut dalam menjalankan tugas profesionalnya dan menyesuaikannya dengan konteks institusi pendidikan tempatnya mengabdi.

Buku ini akan sangat bermanfaat bagi para pendidik yang ingin meningkatkan kemampuan profesionalnya dengan menjadi komunikator yang baik. Juga bagi para mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan yang tengah mempersiapkan diri menjadi pendidik serta mahasiswa komunikasi yang ingin mendalami proses dan kegiatan komunikasi dalam pembelajaran.

Penulis buku, Dr. Yosal Iriantara, juga telah menulis beberapa buku yang berkaitan dengan komunikasi kependidikan, yatu :

1. MANAJEMEN HUMAS SEKOLAH, tahun terbit 2013
2. KOMUNIKASI PENDIDIKAN, tahun terbit 2013

Buku komunikasi bernuansa kehumasan/PR yang telah ditulis oleh Dr. Yosal Iriantara adalah :
1. COMMUNITY RELATIONS, pertama terbit tahun 2004
2. MEDIA RELATIONS, pertama terbit tahun 2005
3. PUBLIC RELATION WRITING, terbit pertama tahun 2006
4. LITERASI MEDIA terbit tahun 2009

Tidak ada komentar: